https://makromatutorial.blogspot.co.id/

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page_7320.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/beli-pola.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page_18.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page.html


http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/belajar-masak.html







Selasa, 01 Maret 2016

Tutorial Menjahit Model Lengan Manset Lurus

Jangan bosan dengan model busana....banyak sekali....hingga tak terhitung. Mulai dari atas leher hingga bawah baju....sangat menantang kreaifitas kita, bila kita suka merancang...cobalah membuat banyak model baju. Kalau saya sendiri suka merancang fokus pada lengan dan bawah baju, tidak banyak sih....cuma  beberapa, dibawah ini salah satu contoh model lengan yang saya buat. Modelnya lengan lurus dengan manset sederhana dan juga lurus....ayo tutorial, kita lihat!

Sangat cocok kain yang bercorak salur ini dengan model lengan yang akan saya buat. Lengan atasnya bersalur vertikal dan mansetnya bersalur horizontal. Lebar/lubang lengan bawahnya saya perkirakan hingga bisa masuk siku saya agar nanti bila berwudlu mudah diangkat di atas siku.  Panjang mansetnya saya lebihkan dari lubang bawah lengannya sekitar 2 cm untuk tumpangan












Pertama saya akan menggarap  terlebih dahulu mansetnya, anda boleh melapisinya dengan kain vliselin untuk membuatnya lebih kaku atau tidak...saya sendiri tak memakainya













 Lipat dua manset  sama besar dengan muka luar berhadapan












 Semat dengan jarum sisi-sisinya lalu jahit...












Gunting tiras sekitar bagian lipatan















Jahit tindas pinggiran manset















Seperti ini hasilnya...













 Buat tanda tengah pada lengan atas dan mansetnya














Sementara itu lipat pula lengan atasnya lalu jahit pinggirannya



















 Obras tiras lengan atas













Gabung manset pada lengan atas, Letakkan tanda tengah manset pada sambungan lengan dan bagian "tumpangan" di letakkan di atas tengah lengan. Lihat, yang saya maksudkan "tumpangan" seperti yang ditunjukkan.










 Untuk lebih jelasnya lihat gambar ini














 Ini sambungan lengan....harus tepat bertemu dengan tengah manset













 Semat dengan jarum gabungan ini














Jahit dengan mesin gabungan ini...lalu obras tirasnya













 Turunkan manset ke bawah...













Posisinya akan seperti ini..














 Posisi "tumpangan" berada dibagian atas












Walaupun ada belahan... tidak membuat bagian dalamnya terlihat akan tetapi malah bisa membuat mudah ketika manset disingsingkan












 Saya akan menjahit tindas di bagian ini















 Ini hasinya....

































Kalau sudah dipasangkan ke badan baju...akan terlihat lebih pantas...


















 Model gamis secara keseluruhan....dibagian dadanya ada silang shanghai....
















Posisi salur saling bersilang membuat garis tegas setiap bagian baju...












Ada hiasan bunga dari kain lain....cara buatnya ada di sini

 Selamat berkarya...












2 komentar:

yantinurmayanti mengatakan...

Buka kursus jahit ga?

yantinurmayanti mengatakan...

Buka kursus jahit ga?