https://makromatutorial.blogspot.co.id/

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page_7320.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/beli-pola.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page_18.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page.html


http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/belajar-masak.html







Minggu, 12 Juni 2016

Lalamakan Craft, Mencoba Berdikari? (Handmade Sendiri....)

Saya ingin bercerita sedikit tentang lalamakan Craft nama lain kegiatan saya. Lalamakan craft hanya sebuah nama yang mengisahkan hasil produk dari apa yang saya lakukan di rumah...
...iyah..di rumah...
Selama ada waktu dan kesempatan saya selalu meyempatkan untuk membuat sesuatu dengan segala keterbatasan, lumayan ada hasil jadinya mulai dari keterampilan berkaitan dengan kain hingga kertas, dari mulai baju hingga barang pajangan (interior), dari mulai barang lunak hingga keras, mulai dari main-main hingga serius....dan dari yang ga bisa dijual hingga yang laku semua itu saya lakukan dengan kesenangan hati alias suka!.
Ada yang nanya gimana membagi waktunya? menurut saya 'semua bisa dilakukan kalau ada kemauan' soal membagi waktu gampanglah tergantung kemauan tadi dan kesiapan kita sendiri. Kalau sudah ada kemauan   buatlah strategi bagaimana membagi waktu. Saya ibu rumah tangga biasa dengan perannya sebagai istri dan ibu anak-anak tentu dengan segala kewajibannya, memang tidak melulu kegiatan saya itu di setiap waktu senggang tapi ada kalanya menyengaja menyisihkan waktu karena sebuah keharusan...misalnya membuat pola pesanan...
Saat membuat sesuatu anak-anak sering menemai saya atau ikut nimbrung atau bersama mengerjakan PR, jarang jauh...sehingga.alhamdulillah anak-anak terpantau.
Yah...itulah sekelumit kehidupan kegiatan lalamakan craft yang mempunyai moto 'berkarya' mencoba mengisi waktu dengan kegiatan berguna baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain...



Ini ruang tengah rumah, saya pajangkan beberapa handmade kami, ada lemari, lukisan kain perca, bunga kertas, shade lamp dan pot-pot bunga dari kertas. Di depan bupet tv ada kursi keluarga (handmade juga) dengan sarungnya yang bisa diganti-ganti. Dari pajangan di ruangan ini sudah tersedia tutorialnya












Sembilan puluh derajat memutar  ke kiri dari tv ada sebuah bupet pajangan ini pun handmade, saya yang merancang modelnya hasben yang membuatnya. Di dalamnya ada scrapbook kaligrafi dan botol-botol decoupage, sedangkan di atasnya ada scrapbook yang lain, bunga kertas dan rumah miniatur.
Terpajang lukisan geometri dari lalamakan (kain perca) di dinding belakangnya.















Ini ruang tamu...dengan lebar 3 m namun terkesan luas karena menyatu dengan ruang tengah tadi, di sini ada 1 set kursi tamu yang busanya bisa berganti sarung (ada tutorial cara buatnya), 1 kursi goyang sengaja saya letakkan disini karena tidak ada tempat lain untuk menampungnya tapi ternyata cocok juga, terus ada barang hanmade lainnya seperti shade lamp, lukisan kertas 3 dimensi, rumah burung dari kertas dan bunga dan potnya yang juga dari kertas

















Melangkah lebih dalam ada ruang tidur...di sini juga tempat menampung barang handmade kami, ada shade lamp (hampir setiap ruangan ada), guci kertas (ada tutorialnya), bunga kertas dan potnya, kotak barang miniatur rumah, di belakang lampu ada lukisan galigrafi dari kertas tisu dan....sprei kasur buatan sendiri (ada tutorialnya)













Masih di ruang yang sama ada tong dari platik bekas yang saya wrapping dengan lalamakan, fungsinya jelas untuk penyimpanan...disini dia jadi sesuatu yang 'art'
Tak ada gratis waktu untuk membuat ini semua, perlu usaha....dibarengi rasa suka dan senang, satu saat akan terwujud...sekali lagi 'bisa karena ada kemauan'!...dan satu yang saya suka dari ini adalah bisa menghemat belanja!
Semoga menginspirasi....
Selamat berkarya....











1 komentar:

Halo Hasta mengatakan...

go handmade, suka sekali penataan ruangnya ^^